Cara Mengecambahkan Benih Semangka Tanpa Biji

Oleh : Kardi Raharjo

Pendahuluan

Keberhasilan pengecambahan benih semangka tanpa biji merupakan tahapan pekerjaan yang sangat menentukan keberhasilan budidaya tanaman semangka. Oleh karenanya perlu dilakukan secara cermat sesuai dengan metode yang sudah teruji. Dalam artikel ini penulis menyusun metode sederhana yang dapat dilakukan oleh para petani, menggunakan bahan dan alat yang mudah diperoleh di lingkungan pedesaan serta sudah teruji efektivitasnya.

Bahan/Alat:

1. Kotak Tempat Kue, dengan ukuran sesuai kebutuhan.
2. Kertas Koran
3. Air dingin masak
4. Air Mendidih
5. Lampu 15 W
6. Kantong plastik Hitam

Urutan Kerja:

1. Kertas koran dipotong-potong menggunakan gunting, dengan ukuran sesuai dengan ukuran kotak kue yang digunakan. Dibuat 20 lembar, untuk digunakan sebagai alas sebanyak 10 lembar dan 10 lembah sisanya digunakan sebagai penutup di atas benih yang dikecambahkan.

2. Kertas koran yang sudah dipotong-potong tersebut dimasukkan ke dalam kotak kue dan dituangi air mendidih dan kotak ditutup rapat dengan penutupnya. Dibiarkan selama 15 menit. Langkah ini bertujuan untuk sterilisasi kertas koran dan kotak yang digunakan agar jamur dan bakteri mati. Setelah dingin, kertas koran diperas agar kandungan airnya tidak berlebihan.

3. Benih semangka yang sudah disiapkan, dibuka ujungnya dengan menggunakan pemotong kuku. Setelah semua benih selesai dibuka ujungnya, kemudian benih direndam dalam air dingin masak (suhu ruangan). Air sebelumnya sudah dimasak sampai mendidih (seperti merebus air untuk air minum). Setelah dingin baru digunakan untuk merendam benih. Perendaman dilakukan selama 30-60 menit. Kemudian benih diambil dengan saringan dan ditiriskan agar tidak berlebihan airnya.

4. Kemudian benih ditata satu lapis di atas 10 lembar kertas koran basah dan ditutup dengan 10 lembar kertas koran basah yang lain, dalam kotak kue yang sudah disiapkan dalam langkah kerja tersebut angka 2. Kemudian kotak ditutup rapat dengan penutupnya dan dimasukkan ke dalam kantong plastik berwarna hitam dan diikat rapat. Kemudian kotak dalam kantong plastik hitam tersebut diletakkan dibawah lampu 15 w dengan jarak sekitar 15 cm, dan lampu dinyalakan terus menerus selama 40 – 48 jam.

5. Setelah 40-48 jam benih akan berkecambah dengan panjang akar kecambah sekitar 1-1,5 cm dan siap disemai di dalam polibag semai yang berisi media semai yang terdiri dari campuran tanah dan pupuk kandang yang sudah diayak halus, dengan perbandingan tanah:pupuk kandang = 1:1.

Gambar 1. Kotak tempat kue dan potongan kertas koran yang yang dipotong-potong sesuai dengan ukuran kotaknya.

Gambar 2. Kotak kue yang berisi potongan-potongan kertas koran dituangi air mendidih agar kotak dan kertas koran steril. Dibiarkan selama 15 menit.

Gambar 3. Benih semangka tanpa biji yang sudah dibuka ujungnya dengan pemotong kuku, direndam dalam air dingin matang selama 30-60 menit.

Gambar 4. Benih yang sudah direndam dalam air dingin matang selama 30-60 menit, disaring dengan saringan teh dan selanjutnya ditata diatas kertas koran yang sebelumnya sudah disterilisasi dengan air panas. Catatan : saat digunakan kertas koran harus sudah dalam keadaan dingin.

Gambar 5. Di atas benih yang sudah ditata seperti pada gambar 4, di atasnya ditutup dengan 10 lembar kertas koran basah dan kotak ditutup rapat agar kelembapan stabil.

Gambar 6. Kotak seperti tersebut pada gambar 5 kemudian dimasukan ke dalam kantong plastik hitam dan ditempatkan di bawah lampu 15 w, jarak sekira 15 cm dan diinkubasikan 40 – 48 jam.

Gambar 7. Benih semangka tanpa biji yang diinkubasikan selama 48 jam dan berkecambah serempak, sehat, dan persentase kecambahnya bisa mencapai 90 % atau lebih.

Catatan:

  • Prinsip dasar : agar benih dapat berkecambah dengan optimal diperlukan kondisi lembap, hangat, dan gelap.
  • Kertas koran bisa diganti dengan tissu tahan air (yang bisa dicuci dan tidak hancur) atau kertas kecambah, yang bisa dibeli di toko-toko online.

 

 

 

 

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *